Sunday, June 5, 2016

Tahap-Tahap Design Thinking (Bag. 3 dari 3 Tulisan)

Nah, akhirnya saya melanjutkan kembali tulisan mengenai Design Thinking ini setelah beberapa kali 'diganggu' dengan tulisan-tulisan yang lain..hehe

Kali ini saya akan memenuhi janji untuk menuliskan tahapan-tahapan jika kita ingin menggunakan Design Thinking dalam inovasi kita...

Design Thinking
Stanford.edu



1. Empathy

Tahapan ini sudah saya sebut-sebut di awal tulisan sebagai akar mula proyek ini. Pada tahap ini  intinya kita mecoba berganti posisi dengan orang lain. Orang yang akan kita design. Kita betul-betul melihat apa yang sesungguhnya mereka butuhkan. Perlu sekali dilakukan riset agar mendapatkan informasi-informasi kebutuhan yang benar-benar tepat untuk orang tersebut.

2. Define

Definisikan, definisikan permasalahan yang mau kita bawa. Seorang design thinker harus mampu menganalisa bagaimana sebuah inovasi dapat memenuhi kebutuhan user.

3. Ideation

Menggunakan imajinasi untuk mendapatkan inovasi dalam menjawab kebutuhan user. Pada tahap ini ide-ide dicurahkan, dibiakkan, dan kemudian difokuskan. Ide yang utama yang telah terpilih akan diuji kembali dan biakkan kembali sehingga benar-benar tepat sasaran.

4. Prototyping

Pada tahap ini adalah bagimana ide yang sudah ada dibuat modelnya se-nyata mungkin sehingga user atau tester bisa menganalisa kelebihan dan kekurangannya. Setelah dievaluasi maka ide kembali disusun ulang untuk diuji kembali. 


5. Testing

Di tahap akhir ini pengujian dilakukan untuk melihat keampuhan dan efektifan inovasi yang telah kita buat. Tahap Testing kan mengetahui lebih jauh kesesuaian antara inovasi dan kebutuhan user.
 

Bersambung.....

Tulisan-tulisan sebelumnya




 

No comments:

Post a Comment